Langsung ke konten utama

Contoh Ide Usaha berdasarkan Idea Generation dan Opportunity Recognition

  1. Idea Generation atau ide usaha yang berdasarkan kemampuan yang saya miliki itu adalah membuat perusahaan berbasis IT yaitu konsultan IT, saya menyadari memiliki potensi atau bakat pada bidang IT dan suatu saat nnanti saya akan mendirikan sebuah perusahaan konsultan IT, jasa yang akan saya sediakan meliputi  :

    - Konsultasi
    - Perancangan aplikasi
    - Penyediaan alat alat IT
    - Maintenance

  2. Opportunity Recognition atau ide usaha yang berdasarkan kebutuhan pasar atau lingkungan adalah, saya ingin menciptakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang textile, berdasarkan trend masa kini saya mengamati kebutuhan akan fashion di indonesia semakin berkembang dengan banykanya model model terbaru yang berminculan, perusahaan perusahaan dibidang ini juga semakin gencar mengeluarkan model model fashion dengan terobosan baru, hal ini menandakan adanya peningkatan kebutuhan fashion pada masyarakan indonesia khususnya. Pada ide ini saya memikirkan untuk menyediakan beberapa kebutuhan diantara lain adalah :

    - Pakaian modis trend massa kini
    - Pemasaran yang berbasis online
    - Penyedia pakaian pada kegiatan tertentu
    - Menjadi vendor pada brand lainnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis VRIO (Valuable, Rare, Inimitable, Organized to Capture Value)

Salam Sejahtera semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas analisa VRIO, tentang apa itu VRIO, bagaimana kegunaannya, dan Implementasi dari VRIO itu sendiri, sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Andi Hidayat Mukmin selaku dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan 3 saya di Universitas Esa Unggul Citra Raya yang telah memberikan ulasan mengenai materi kali ini.  Apa itu VRIO? VRIO adalah singkatan dari Valueable, Rare, Inimitable, Organized to Capture Value.  Valuable Pertanyaan pertama dalam kerangka analisa ini adalah apakah perusahaan memilki sumber daya yang menambah nilai dalam memanfaatkan peluang dan bertahan dalam menghadapi ancaman. Jika jawaban dari pertanyaan tersebut adalah iya, maka sumber daya dapat diasumsikan berharga. Selain hal tersebut, sumber daya juga berharga jika sumber daya mampu meningkatkan nilai yang dirasakan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan diferensiasi atau / dan penurunan harga produk. Jika sumber daya perusah...

Strategi STP Dalam Ide Bisnis "Kue Mochi"

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada rencana bisnis "Kue Mochi", sebelumnya saya telah membahas tentang Analisa VRIO dan Analisa SWOT pada ide bisnis ini, yang dapat diakses dengan mengklik link dibawah : 1. Analisa VRIO 2. Analisa SWOT Mengenal Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) Marketing STP atau Segmenting Targeting Positioning adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiens tertentu. Model pemasaran ini dikenal sebagai salah satu yang paling efektif dan populer digunakan hingga saat ini. Agar kamu lebih mengenal apa yang disebut sebagai STP marketing ini coba perhatikan ulasan berikut. Pada dasarnya STP marketing atau Segmenting Targeting Position adalah salah satu model pemasaran yang penerapannya melibatkan tiga tahapan yaitu melakukan segmentasi pasar, menargetkan segmen yang diyakini paling menguntung...

Analisis SWOT pada Ide Bisnis "Kue Mochi"

Memahami cara memanfaatkan keunggulan kompetitif adalah langkah penting yang harus diambil oleh bisnis apa pun, dan menggunakan  analisis VRIO pada ide bisnis  adalah cara yang terbukti untuk melakukannya. Template ini membantu perusahaan memahami nilai unik mereka dan apa yang dapat mereka lakukan untuk memaksimalkan potensi mereka.  saya dan saat ini saya melanjutkannya dengan analisis SWOT.  Analisis SWOT banyak digunakan untuk membantu perencanaan strategi dalam sebuah proyek atau perusahaan pada umumnya di berbagai industri. Apa itu analisis SWOT? Analisis SWOT adalah teknik analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Teknik ini biasanya diterapkan di dalam seluruh perusahaan atau organisasi secara umum, maupun dalam proyek-proyek tertentu. Di tingkat organisasi, analisis SWOT dapat digunakan untuk menganalisa pertumbuhan perusahaan beserta tolak ukur keberhasilannya. Sem...