Langsung ke konten utama

Digital Marketing (Pemasaran Digital)

Apa Itu Digital Marketing?



Digital marketing adalah strategi atau upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital, baik melalui internet atau jaringan lainnya yang saling terhubung.

Dengan banyaknya media digital di sekitar kita saat ini, sudah jelas bahwa digital marketing adalah cara pemasaran yang sangat efektif. Media pemasaran digital mencakup saluran komunikasi yang sering kita jumpai, baik melalui jaringan Internet maupun jaringan lainnya seperti telepon dan televisi.

Banyak perusahaan kini mulai berlomba-lomba memaksimalkan kampanye-kampanye mereka di dunia digital. Tapi, apa sih, alasannya? Kenapa strategi digital marketing seperti ini sekarang sangat populer?

Nah, di artikel ini, selain membahas apa itu digital marketing, kami juga akan membahas kelebihannya dibandingkan dengan cara pemasaran lainnya, serta strategi pemasaran digital yang wajib Anda coba untuk meningkatkan penjualan. Selamat membaca!


Strategi digital marketing



Ada beberapa strategi digital marketing yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk melalui media digital.

Media-media yang digunakan untuk pemasaran digital meliputi saluran komunikasi yang sebenarnya hampir setiap hari kita jumpai, baik melalui jaringan Internet maupun telepon.

Digital marketing memiliki beberapa strategi, tergantung pada media yang digunakan. Nah, untuk saat ini, jenis strategi digital marketing adalah:


1. Search Engine Marketing (SEM)

Strategi digital marketing yang satu ini ini melibatkan penggunaan mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, atau Facebook. SEM sendiri dibagi menjadi dua area, yaitu SEO dan PPC.

Search Engine Optimization

Cara ini dilakukan dengan mengoptimasi konten digital marketing Anda agar muncul di halaman pertama Google tanpa harus membayar ke penyedia iklan. Untuk lebih lengkapnya, silakan baca artikel kami tentang SEO dan cara menerapkannya.

Pay-per-Click (PPC)

Berbeda dengan SEO, PPC dilakukan dengan membayar sejumlah biaya kepada penyedia iklan agar materi digital marketing Anda selalu berada di hasil teratas saat calon pelanggan mencari keyword tertentu sesuai produk Anda. Hasil yang muncul dari PPC biasanya memiliki label “Ad” atau “Iklan”.


2. Influencer/Affiliate Marketing

Benar, seperti yang sudah Anda duga, cara digital marketing ini melibatkan pihak lain, yaitu influencer atau mitra afiliasi untuk membantu Anda memasarkan produk. 

Influencer marketing dilakukan dengan membayar jasa influencer di internet, lalu influencer tersebut akan memasarkan produk Anda kepada pengikutnya di jejaring sosialnya.

Affiliate marketing melibatkan mitra, dan Anda membayarkan komisi kepada mitra tersebut apabila mereka berhasil menjual produk Anda. Contohnya, Hostinger memiliki program afiliasi untuk memasarkan produk secara lebih luas.


3. Content Marketing

Seperti namanya, content marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan berbagai jenis konten, baik dengan membuat, mengelola, maupun memposting konten. Anda menggunakan konten untuk “membujuk” pengguna membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Nah, salah satu cara terbaik untuk menerapkan strategi digital marketing ini adalah membuat website sendiri, dengan memilih domain yang tepat dan layanan web hosting terbaik.

Apabila sudah memiliki website, khususnya yang SEO-friendly, Anda bisa mengoptimasi konten di situs Anda agar muncul di halaman pertama mesin pencari sehingga bisnis Anda lebih dikenal secara luas.


4. Email Marketing

Email marketing adalah strategi digital marketing yang dilakukan dengan mengirimkan email kepada pelanggan (subscriber).

Poin utama cara ini bukanlah sekadar mengirimkan email, tapi bagaimana Anda membuatnya semenarik mungkin agar pelanggan mau membacanya, bahkan mengeklik promosi dalam email Anda.

Ada beberapa tool email marketing yang bisa Anda gunakan untuk membuat email promosi yang menarik. Silakan baca artikel kami tentang aplikasi email marketing yang akan membantu Anda meningkatkan angka penjualan melalui promosi email.


5. Social Media Marketing

Social media marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan melalui media sosial, baik dengan mengoptimasi konten Anda maupun dengan “menitip” iklan di jejaring sosial.

Anda bisa promosi bisnis di TikTok, Facebook, Twitter, atau YouTube. Hampir semua platform media sosial kini menyediakan layanan untuk mempromosikan bisnis.

Sebenarnya, cara yang digunakan oleh platform-platform ini kurang lebih sama seperti SEM. Mereka menyediakan marketplace yang menjadi wadah bagi Anda untuk mempromosikan bisnis, dan Anda bisa memilih cara organik atau berbayar.


6. Viral Marketing

Viral marketing adalah cara pemasaran yang dilakukan sekreatif mungkin agar orang-orang tertarik untuk membagikannya secara luas. Masih ingat iklan es krim dengan tema drama kolosal kerajaan nusantara yang ada adegan menaiki elang? Yap, ini salah satunya.

Perusahaan yang membuat iklan ini mengambil latar drama kolosal yang sebenarnya cukup sering trending dan menjadi bahan pembicaraan orang-orang.

Mereka pun turut menerapkan semua ciri khas drama tersebut, mulai dari naik elang, menggunakan aktor dan aktris yang sama, bahkan jalan ceritanya.

Namun, ada beberapa hal yang sengaja dibuat “nyeleneh” agar menarik perhatian orang-orang yang menontonnya. Hasilnya, iklan ini pun cepat sekali menjadi viral karena penonton terus membagikannya di berbagai platform jejaring sosial.


7. Mobile Marketing

Pemanfaatan perangkat mobile atau seluler untuk pemasaran digital dilakukan selain menggunakan koneksi Internet. Mobile marketing sendiri dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu telemarketing dan SMS marketing.

Telemarketing

Strategi digital marketing ini dilakukan melalui telepon, dengan menghubungi nomor ponsel pelanggan. Sebagai contoh, perusahaan yang kerap menggunakan cara ini adalah perbankan atau pembiayaan (finance).

Telemarketing juga bisa digunakan sebagai metode yang cukup efektif untuk retensi pelanggan, karena dirasa lebih personal dan membuat pelanggan merasa spesial.


SMS Marketing

Metode ini dilakukan menggunakan layanan SMS untuk mengirimkan pesan promosi massal ke nomor ponsel pelanggan.

Meskipun kini SMS sudah jarang sekali digunakan untuk berkomunikasi, beberapa perusahaan masih menggunakan cara ini untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Salah satu keunggulan SMS dalam strategi digital marketing adalah para marketer bisa melakukannya dengan cepat dan lebih murah, menggunakan fitur yang disebut “SMS Blast”.


8. Radio Advertising

Radio advertising juga termasuk strategi digital marketing loh. Memang, radio untuk digital marketing adalah metode yang sangat populer ketika perangkat ini masih menjadi salah satu hiburan utama dulu.

Tapi jangan salah, dengan kecanggihan teknologi saat ini yang memungkinkan radio didengarkan melalui Internet, cara ini juga masih cukup ampuh untuk memasarkan produk Anda.


9. TV Advertising

Selain radio, salah satu media lainnya yang masih sangat populer untuk digital marketing adalah televisi. Dengan TV advertising, Anda bisa membeli slot untuk beriklan dan memasarkan produk.

Jenis-jenis iklan yang ditampilkan juga beragam, seperti iklan di antara jeda acara, iklan running text, atau yang ditampilkan langsung dalam acaranya (sponsor).

Untuk beriklan di TV, Anda bisa menggunakan jasa agensi iklan. Kisaran biaya yang harus Anda keluarkan juga berbeda-beda, tergantung pada stasiun TV yang menayangkannya, waktu penayangan, dan jenis iklan.


Manfaat digital marketing



Setelah menjelaskan apa itu digital marketing dan pengertian digital marketing, selanjutnya kami akan membahas faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas pemasaran digital.

Tentu saja, faktor utama yang mendukung keberhasilan strategi digital marketing adalah banyaknya pengguna Internet di seluruh dunia seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Hampir semua orang sekarang ini juga lebih memilih untuk melakukan transaksi secara online, apalagi sejak pandemi COVID-19.

Dari sisi teknologi dan efisiensi, ada juga beberapa alasan yang membuatnya menjadi cara pemasaran yang wajib Anda coba jika sedang merintis atau sudah memiliki bisnis.

Berikut manfaat digital marketing untuk bisnis Anda:


1. Penargetan Pasar Lebih Sesuai

Menggunakan berbagai tool digital marketing yang telah didesain sedemikian rupa, Anda bisa memperoleh data yang akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna terkait segmen pasar tertentu, atau terkait produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Dari sini, Anda pun bisa menyusun strategi yang paling sesuai untuk pasar yang Anda target sehingga penerapannya bisa lebih efektif.


2. Evaluasi Strategi Berdasarkan Data

Setelah strategi digital marketing Anda diterapkan, Anda bisa melihat evaluasi dan analisis pemasaran Anda. Data-data seperti tingkat keberhasilan kampanye, jumlah pengguna yang membuka iklan, dan lain sebagainya bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki strategi pemasaran sebelumnya.

Berdasarkan data yang akurat ini, nantinya Anda pun bisa meningkatkan efektivitas campaign agar angka penjualan semakin melesat.


3. Bisa Menjangkau Hampir Semua Pasar

Seperti yang Anda tahu, dunia online tidak terbatas ruang dan waktu. Hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan sepanjang tahun, jaringan-jaringan digital ini selalu terhubung ke berbagai wilayah di dunia.

Nah, digital marketing adalah metode yang tepat karena Anda bisa menjangkau dan saling terhubung dengan pelanggan dari berbagai belahan dunia, kapan pun dan di mana pun.

Hasilnya, jasa atau produk yang Anda tawarkan menjadi selalu tersedia dan bisa dibeli oleh pelanggan kapan saja.


4. Biaya Lebih Murah

Budget yang perlu Anda keluarkan untuk pemasaran digital jauh lebih murah dibandingkan strategi pemasaran tradisional. Anda tidak perlu mencetak poster, atau membuang-buang dana untuk iklan yang tidak efektif atau bertarget.

Ada beberapa cara organik yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang cukup besar. Misalnya, kalau sudah punya website atau blog menggunakan WordPress, Anda bisa mencoba cara menaikkan ranking web di Google.


5. Meningkatkan Reputasi Brand

Sudah pasti, dengan semakin banyaknya pengguna Internet dan platform online, Anda bisa meningkatkan reputasi brand melalui pemasaran digital. Sebagian besar pembeli umumnya akan mencari produk atau layanan terlebih dahulu di Internet sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.

Dengan menerapkan digital marketing, bisnis Anda akan mudah ditemukan oleh calon pelanggan, dan mereka akan merasa yakin bahwa merek Anda bisa dipercaya, yang akhirnya akan meningkatkan penghasilan online Anda.


Keunggulan digital marketing



Ada beberapa hal yang menjadi kelebihan dari teknik pemasaran yang satu ini, yaitu:

1. Hemat Biaya

Ketika melakukan promosi dan pemasaran secara tradisional, kamu perlu menyiapkan biaya untuk media promosinya.

Sebagai contoh, kamu perlu mencetak brosur, mencetak spanduk, bahkan mengeluarkan biaya yang besar untuk memasang iklan di billboard, tv, atau radio. Hal ini menyulitkan bisnis kecil.

Dengan digital marketing, kamu bisa melakukannya dengan biaya yang lebih minim, bahkan gratis! Iklan berbayar yang tersedia juga jauh lebih terjangkau.


2. Dapat Diukur

Ketika kamu memasang iklan di tv, radio, atau billboard, kamu tidak bisa mengukur berapa banyak orang yang melihat iklanmu.

Sebaliknya, digital marketing memungkinkanmu mengetahui berapa banyak audiens yang dijangkau, bahkan berapa banyak yang akhirnya melakukan pembelian.


3. Dapat Menargetkan Pelanggan Potensian

Kembali pada poin kedua, selain tidak bisa melihat berapa banyak orang yang melihat iklanmu, kamu juga tidak bisa menentukan oleh siapa iklanmu akan dilihat.

Cara ini tentunya boros dan tidak efektif. Berbeda dengan digital marketing, kamu bisa menentukan siapa saja target audiens dari iklanmu.

Bahkan, kamu bisa memaksimalkannya dengan mencoba Facebook Pixel.


4. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Dengan menerapkan pemasaran digital, kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Baik pasar lokal maupun global.

Internet memungkinkan kamu untuk memperluas pasar tanpa memakan banyak biaya. Tentu saja, hal seperti ini akan sangat sulit dilakukan jika mengandalkan pemasaran tradisional.

Digital marketing dapat membantu kamu menjangkau lebih banyak pelanggan potensial. Meski mereka berada di luar negeri sekali pun.

Hanya dalam satu klik, kamu bisa meningkatkan visibilitas merek sekaligus memungkinkan mereka untuk berbelanja kapan pun dan dari mana saja.


5. Pemasaran yang Lebih Interaktif

Kelebihan digital marketing yang selanjutnya, yakni menciptakan teknik pemasaran yang lebih interaktif antara penjual dan pembeli.

Hal ini karena pemasaran digital melibatkan komunikasi dua arah. Jadi, merek bisa berinteraksi lebih banyak dengan para pelanggannya melalui beragam campaign yang dilakukan.

Dengan teknik pemasaran yang lebih interaktif, kamu pun bisa meningkatkan ketertarikan atau minat pelanggan sehingga mereka semakin yakin untuk melakukan pembelian.

Cara seperti ini tentu saja lebih efektif dibandingkan iklan biasa yang hanya satu arah. Jadi, pertimbangkanlah untuk melakukan pemasaran secara digital jika kamu menginginkan interaksi yang lebih intens dengan pelanggan potensial.


6. Tingkat Keterlibatan yang Lebih Besar

Pemasaran yang interaktif seperti digital marketing ini pun meningkatkan keterlibatan pelanggan menjadi lebih tinggi.

Media sosial bisa menjadi wadah yang tepat bagi brand untuk berbagi beragam konten interaktif dan memicu keterlibatan dengan audiens.

Misalnya interkasi di kolom komentar atau fitur chat di media sosial yang berisi tanya jawab dari pelanggan.

Jadi, kamu sebagai pemilik brand bisa membangun komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan. Pada akhirnya, brand dapat menciptakan hubungan yang positif dengan pelanggan mereka.

Keterlibatan pelanggan ini juga dapat dilihat dari aktivitas audiens yang membagikan postingan kamu di media sosial, menyimpan konten, atau berlangganan newsletter di blog brand milikmu.

Hubungan kedekatan antar brand dengan pelanggan potensial seperti ini bisa meningkatkan kepercayaan publik terhadap merek.

Pelanggan pun akan lebih yakin untuk melakukan pembelian karena mereka merasa diapresiasi melalui interaksi/keterlibatan tersebut.


7. Buat Konten Penawaran Lebih Beragam

Digital marketing memungkinkan brand kamu untuk memanfaatkan kreativitas secara optimal. Dengan beragam jenis konten yang dapat dibuat dan dibagikan ke berbagai saluran di internet.

Ada berbagai jenis konten pemasaran yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat campign dan promosi secara online. Mulai dari artikel di blog, podcast, e-book, konten visual di media sosial, email marketing, infografis, webinar, dan masih banyak lagi.

Keberagaman konten yang digunakan dalam mengenalkan merek, produk, dan layanan kamu pun bisa menjangkau lebih banyak audiens. Sebab, setiap konten penawaran bisa disesuaikan dengan target audiens yang dituju.


8. Memaksimalkan Mesin Pencari

Beriklan dengan teknik digital marketing tak hanya dapat mendorong penjualan, tapi juga memaksimalkan mesin pencari atau SEO.

Dalam sebuah iklan digital, kamu bisa mencantumkan situs web dan akun media sosialmu.

Dengan begitu, hanya butuh satu konten yang menarik untuk membuat audiensmu mengunjungi semua media sosial dan situs bisnismu.


9. Dapat Diubah Sambil Berjalan

Ketika menggunakan digital marketing, konten promosi apapun yang kamu buat bisa kamu ubah sesukamu.

Kamu bisa mengubah, menambahkan, atau menghapusnya kapan saja. Berbeda dengan pemasaran tradisional yang tidak bisa diubah dengan cepat, karena biasanya terikat kontrak.



Setelah membaca apa itu digital marketing, manfaat, dan strateginya, kami yakin Anda pasti merasa bahwa digital marketing adalah strategi pemasaran yang benar-benar ampuh. Apalagi, teknologi digital yang ada di sekitar kita saat ini makin canggih, dengan pengguna yang kian bertambah di seluruh dunia.

Jadi, cobalah luangkan waktu Anda untuk belajar digital marketing dan meningkatkan skill di bidang ini agar bisnis yang Anda kelola kian moncer, serta menghasilkan lebih banyak konversi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis SWOT pada Ide Bisnis "Kue Mochi"

Memahami cara memanfaatkan keunggulan kompetitif adalah langkah penting yang harus diambil oleh bisnis apa pun, dan menggunakan  analisis VRIO pada ide bisnis  adalah cara yang terbukti untuk melakukannya. Template ini membantu perusahaan memahami nilai unik mereka dan apa yang dapat mereka lakukan untuk memaksimalkan potensi mereka.  saya dan saat ini saya melanjutkannya dengan analisis SWOT.  Analisis SWOT banyak digunakan untuk membantu perencanaan strategi dalam sebuah proyek atau perusahaan pada umumnya di berbagai industri. Apa itu analisis SWOT? Analisis SWOT adalah teknik analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Teknik ini biasanya diterapkan di dalam seluruh perusahaan atau organisasi secara umum, maupun dalam proyek-proyek tertentu. Di tingkat organisasi, analisis SWOT dapat digunakan untuk menganalisa pertumbuhan perusahaan beserta tolak ukur keberhasilannya. Sementara dalam proyek

Analisis VRIO (Valuable, Rare, Inimitable, Organized to Capture Value)

Salam Sejahtera semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas analisa VRIO, tentang apa itu VRIO, bagaimana kegunaannya, dan Implementasi dari VRIO itu sendiri, sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Andi Hidayat Mukmin selaku dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan 3 saya di Universitas Esa Unggul Citra Raya yang telah memberikan ulasan mengenai materi kali ini.  Apa itu VRIO? VRIO adalah singkatan dari Valueable, Rare, Inimitable, Organized to Capture Value.  Valuable Pertanyaan pertama dalam kerangka analisa ini adalah apakah perusahaan memilki sumber daya yang menambah nilai dalam memanfaatkan peluang dan bertahan dalam menghadapi ancaman. Jika jawaban dari pertanyaan tersebut adalah iya, maka sumber daya dapat diasumsikan berharga. Selain hal tersebut, sumber daya juga berharga jika sumber daya mampu meningkatkan nilai yang dirasakan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan diferensiasi atau / dan penurunan harga produk. Jika sumber daya perusahaan tidak

Lean Model Canvas pada bisnis Kue Mochi

Salam sejahtera semua, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Lean Model Canvas pada bisnis kue mochi, yang mana ini melanjutkan Analisis VRIO yang telah saya buat pada link berikut  Analisis VRIO . Pada suatu bisnis pasti memiliki banyak ide tetapi terkadang karena menjadi hambatan dari pengusaha untuk menyimpulkan ide untuk mendapatkan suatu ide dasar, oleh karena itu dalam mewujudkan ide-ide kreatif dalam membangun bisnis dengan penggunaan Lean Model Canvas bisa digunakan perusahaan untuk mengelola ide kreatif yang menjadi ide inovasi besar. Apa itu Lean Model Canvas? Lean Canvas adalah metode rencana bisnis satu halaman yang dibuat oleh Ash Maurya, yang diadaptasi dari Business Model Canvas oleh Alexander Osterwalder. Lembar ini menampilkan sejumlah blok untuk membantu Anda memetakan beberapa poin penting yang akan membantu Anda mengubah ide bisnis menjadi sesuatu yang lebih konkret. Lean Canvas dibuat khusus bagi para wirausahawan untuk memudahkan mereka mendapatkan i